14 Hal Paling Menyebalkan Saat Bermain Game

Hal paling menyebalkan saat bermain game -- Bermain game tujuannya adalah sebagai aktivitas untuk fun, namanya juga game maka untuk bersenang-senang. 

Akan tetapi, bermain game ternyata juga dapat menjadi suatu aktifitas yang menyebalkan dan menghancurkan mood.

Beberapa hal yang membuat bermain game menjadi sangat menyebalkan akan dibahas pada halaman ini, dan tentunya apabila suatu game justru akan menjadi menyebalkan maka hendaknya kita menghindarinya...

...karena bukannya menyenangkan hati malah membuat kesal, frustasi dan marah-marah, hingga ada orang yang ingin membanting alat kontrol gamenya.

14 Hal Paling Menyebalkan Saat Bermain Game
Gambar: Hal Paling Menyebalkan Saat Bermain Game

Bisa menjadi sangat memungkinkan suatu game justru setelah dimainkan malah akan membuat mood menjadi berantakan. Sehingga nantinya yang paling buruk dapat melakukan hal-hal di luar kendali, dan mungkin saja kamu pernah mengalami hal-hal seperti ini.

Hal Paling Menyebalkan Saat Bermain Game

Langsung saja, berikut dibawah ini beberapa hal yang membuat gamer menjadi emosi, penuh amarah bahkan hingga naik ke ubun-ubun.

1. Waktu loading yang lama

Ada sangat banyak tersebar berbagai game yang menarik dan sangat seru untuk dimainkan, akan tetapi ternyata waktu loadingnya sangat lama.

Seperti saat ingin berpindah tempat permainan maka akan memakan waktu yang lumayan lama sehingga pemain akan terus menunggu dengan rasa “bete”, yang tentunya apabila hal seperti ini sangat sering terjadi maka waktu pemain akan “hilang percuma” hanya untuk menunggu loading saja, sehingga keseruan dalam bermain menjadi hilang.

2. Spesifikasi hardware tidak mencukupi

Untuk masalah yang kedua ini, sangat banyak dialami oleh para pemain game. Seperti ketika seseorang yang ingin membeli komputer, laptop, atau perangkat lainnya dengan spesifikasi hardware yang tinggi, kemungkinan besar dia ingin menggunakan komputer atau laptop tersebut untuk bermain game, karena kalau software biasa tidak memerlukan spec komputer yang tinggi.

Akan tetapi khusus pada game, terutama game besar dan berat maka akan memerlukan spesifikasi komputer yang super tinggi agar dapat lancar memainkan game tersebut.

Akan tetapi bukanlah sesuatu yang mudah untuk memiliki spesifikasi komputer yang tinggi, karena kebanyakan orang akan terbentur dengan masalah biaya yang tinggi.

Sehingga akan menjadi mimpi buruk kala kita mengetahui bahwa komputer yang dimiliki tidak dapat memainkan game yang sukai, sehingga timbulah perasaan jengkel dan frustasi karena tidak dapat memainkan game keren kesukaannya tersebut.

3. CD atau DVD game rusak

Pemain game yang berada di negara kaya seperti Eropa dan Amerika yang membeli game secara legal dan orisinil maka jarang mengalami hal ini karena mereka akan mendapatkan game tersebut dalam kondisi yang optimal, termasuk DVD game yang didapatkan juga berkualitas tinggi.

Akan tetapi yang terjadi di negeri ini kebanyakan adalah game hasil copy atau duplikat yang merajalela.

Dimana nantinya kualitas CD atau DVD yang didapatkan berada dalam kondisi yang buruk, sehingga pemain nantinya akan menemui berbagai masalah ketika memainkannya.

Hingga yang paling parah adalah kaset game sudah tidak dapat berfungsi lagi, dengan begitu pemain tidak dapat melanjutkan bermain lagi, jika ingin melanjutkan permainan maka pemain harus pergi membeli kaset game serupa, sehingga akan sangat menjengkelkan jadinya.

4. Server dalam keadaan maintenance

Ketika kita sedang seru-serunya bermain suatu game online, ternyata suatu waktu kita temui game online kesenangan kita tersebut dalam keadaan maintenance sehingga tidak dapat dimainkan saat ini, yang tentunya sangat menyebalkan karena sedang dalam seru-serunya game tersebut. 

Memang sih, dilakukannya maintenance sangat berguna agar game terhindari dari yang namanya bug, hack dan glitch. Akan tetapi tentunya apabila server maintenance juga terlalu sering, akan menjadi menyebalkan sehingga game tersebut akan ditinggalkan para pemainnya.

5. Ada pihak luar yang mengganggu

Ketika kita sedang bermain game dengan seru-serunya, dimana mata menatap ke layar dengan keseriusan tingkat tinggi, dan tangan tidak henti-hentinya menari di atas alat kontrol, mouse atau keyboard. 

Akan tetapi tiba-tiba munculah beberapa patah kata yang membuat mood bermain game menjadi hancur, mungkin saja niatnya baik karena khawatir melihat dirinya sudah sangat lama bermain game.

Tetapi teguran tersebut dapat menjadi bumerang karena dapat menghancurkan mood dari pemain itu sendiri. Pernah kan Kamu diminta orang tua untuk berhenti bermain game? 

Mereka memang ingin agar kita melakukan hal yang lain, akan tetapi kita sebaliknya, tidak ingin melakukan hal yang lain. Untuk itu disinilah sering terjadi konflik yang benar-benar menyebalkan dan menghancurkan mood.

6. Lag atau server error

Sebuah hal lainnya yang menyebalkan ketika bermain game online. Dimana ketika bermain tiba-tiba game menjadi “lag”, sehingga gerakan pada game menjadi patah-patah begitu, yang tentunya hal ini akan menjengkelkan pemain, apalagi ketika bermain game dengan tipe FPS online, maka ketika game mengalami lag, Kamu akan menjadi sasaran empuk para lawan.

Adapun server error maka masalah yang lebih parah dibandingkan game yang mengalami lag. Dimana ketika bermain Kamu secara tiba-tiba keluar dari permainan, sehingga ini sangat menyebalkan. 

Yang menyebabkan server yang error ada dua, yaitu memang kesalahan yang berasal dari pihak server, dimana game tidak mampu untuk menampung terlalu banyak pemain di dalam satu waktu yang sama, kemudian server error juga disebabkan karena koneksi internet yang dalam keadaan tidak baik.

7. Credits atau ending scene yang terlalu lama

Maksudnya yaitu sebuah bagian yang menayangkan ketika seseorang telah berhasil memenangkan seluruh misi game, atau dengan kata lain berhasil menamatkan game. Ending scene yang terlalu lama sangat tidak baik, karena akan membuat jengkel pemain. 

Apalagi yang lebih parah ending scene yang ditampilkan hanya berbentuk tulisan berjalan saja, dan tidak bisa di-skip, tentu akan sangat membosankan.

Untuk itu hendaknya para pembuat game membuat ending scene dalam bentuk yang menarik seperti menyajikan animasi yang keren, dan waktu ending scene juga jangan terlalu lama.

8. Stok menyimpan barang atau item penuh

Masalah seperti ini utamanya menimpa game RPG, dimana ketika pemain akan menyimpan suatu item berharga, akan tetapi inventory sudah penuh. 

Sehingga dengan begitu pemain terpaksa untuk membuang salah satu itemnya. Memang sistem seperti ini cukup menyebalkan, akan tetapi juga memiliki kegunaan agar game menjadi lebih realistis ketika dimainkan.

9. Random Battle

Yang juga menyebalkan, utamanya pada random battle game RPG klasik, contohnya yaitu Pokemon dan  Final Fantasy. 

Dimana disana karakter yang dimainkan akan "terhisap" masuk ke pertempuran acak, dan pertempuran ini terjadi secara otomatis, serta kita sebagai pemain tidak dapat untuk menghindarinya. Nah, apabila random battle ini terlalu sering terjadi maka menjadi menyebalkan untuk pemain.

Dan parahnya lagi jika Kamu ingin buru-buru menyudahi bermain game hari itu, maka bermain pun menjadi hambar rasanya, karena seakan-akan Kamu dipaksa untuk terus bermain. Dan yang akan sangat menyebalkan ternyata waktu loading game ketika random battle tersebut juga lama.

10. Pemadaman Listrik

Masalah kesepuluh ini mungkin tidak dialami oleh pemain game di luar negeri seperti Eropa dan Amerika, akan tetapi tidak jarang dialami oleh gamer Indonesia. 

Dan yang sangat menjengkelkan adalah ketika pemadaman listrik dilakukan secara tiba-tiba, yaitu tidak ada pemberitahuan sebelumnya bahwa akan mati lampu jam sekian, maka dengan seketika akan muncul gejolak emosi, dan yang lebih parahnya adalah game yang sudah dimainkan selama berjam-jam ternyata belum sempat untuk disave.

11. Save point terhapus atau corrupted

Ketika senang-senangnya ingin bermain game melanjutkan permainan kemarin yang sudah di save, akan tetapi ketika load pada save game tidak bisa dilakukan karena save game mengalami corrupted, hal ini akan sangat menjengkelkan, karena dengan begitu menyebabkannya tidak dapat untuk melanjutkan permainan yang telah dicapai sebelumnya.

12. Bug / Glitches

Masalah seperti bug dan glitches ini juga tidak jarang ditemukan ketika bermain game, ini biasanya kesalahan programming dimana kurang sempurna pembuatannya sehingga timbulnya beberapa masalah.  

Yang paling parah masalah yang ditimbulkan adalah sebuah permainan pertualangan yang mentok pada level tertentu, sehingga tidak dapat dilanjutkan, kejadian seperti ini tentunya akan menyebalkan. Sebagai tips dalam menghindari terjadinya bug dan glitches adalah lakukan update terbaru pada game yang dimainkan dengan memakai patch resmi yang dirilis oleh pengembang game tersebut.

13. Terjadi crash

Masalah yang ke-13 ini juga hampir sama dengan masalah sebelumnya, dimana terjadinya crash disebabkan oleh banyak faktor, seperti kesalahan pemrograman, spesifikasi game yang tinggi sehingga hanya dapat dipenuhi pada spesifikasi yang minimum-nya saja, dan lainnya. 

Yang masalah crash ini biasanya mengakibatkan game yang sedang dimainkan menjadi ditutup paksa, atau bahkan komputer melakukan restart sendiri.

Untuk mengurangi terjadinya masalah crash ini maka usahakan untuk meningkatkan spesifikasi sistem komputer, kemudian juga gunakan patch dan update dari pengembang game yang resminya sehingga dapat meminimalisir terjadinya crash.

14. Pemain online lain yang tidak tahu tata krama

Untuk hal menyebalkan yang terakhir ini sering ditemui ketika kita bermain game online, kamu akan bermain dengan pemain lainnya yang sebagian besarnya tidak dikenal di dunia nyata. 

Dan seringkali para pemain game online merasa jengkel dengan kata-kata kotor yang keluar dari pemain lainnya, sehingga jelas-jelas ini akan menghilangkan rasa nyaman ketika memainkan game online tersebut.

Untuk itu sangat penting untuk para gamer, terutama yang online menjaga tata krama, dengan mengeluarkan kata-kata yang baik, dan tidak berbicara kasar agar kenyamanan dalam bermain game dapat terjaga. Selain itu juga hindari menggunakan cheat ketika bermain game online yang dapat memancing emosi pemain lainnya.

Semoga bermanfaat.