Cara Mengatasi Port USB Tidak Terdeteksi pada Laptop

Tentunya akan sangat menjengkelkan apabila port USB tidak dapat terdeteksi pada perangkat Laptop kita, apalagi sudah mencoba pada slot yang pertama, kemudian tidak dapat terdeteksi, kemudian dilanjutkan pada slot yang kedua dan ketiga, tetapi tetap saja tidak terdeteksi. 

Apabila terjadi hal yang seperti ini, maka ada kemungkinan memang terjadi error atau kerusakan pada ketiga slot dari port USB pada laptop tersebut.

Port USB pada Laptop
Port USB pada Laptop

Tetapi, tentu perlu dilakukan pengecekan apa memang betul mengalami kerusakan, atau hanya terjadi kesalahan yang sederhana saja sebenarnya.

Nah, untuk melakukan hal itu tidaklah sulit, dimana nantinya Kamu dapat dengan mudah untuk mengatasi port USB yang tidak terdeteksi pada laptop milik Kamu.

Apabila Port USB setelah kita coba tidak bisa untuk mendeteksi perangkat luar (seperti flashdisk, dll) yang sudah dihubungkan, cobalah beberapa perangkat luar untuk dihubungkan, mungkin saja masalah justru ada pada  perangkat luar tersebut.  

Setelah itu jika Port USB masih tidak terdeteksi  pada Laptop, maka pastikan dahulu untuk mengetahui apakah yang bermasalah hanya satu port USB, atau semuanya.

Apabila semua port USB tidak dapat mendeteksi perangkat luar pada laptop, maka masalahnya kemungkinan besar ada pada pengaturan BIOS yang dalam keadaan tidak aktif atau disable.

Sehingga untuk masalah seperti ini yang perlu dilakukan hanya mengaktifkan fitur Port USB. Caranya cukup mudah, berikut di bawah ini langkah-langkahnya.
  1. Restart perangkat laptop milik Kamu.
  2. Pada proses POST (power on selft test) dengan tekan dengan tepat (atau bisa dilakukan dengan berkali-kali) tombol keyboard “Del”. Tujuannya adalah agar Kamu dapat masuk ke setting BIOS.
  3. Setelah itu tunggu sebentar, akan muncul tampilan, maka pilih pada menu “Power Management”.
  4. Setelah itu, tinggal mengaktifkan, yaitu dengan memilih “Enable” pada USB Port. Selesai.

Dengan begitu mudah-mudahan permasalahan dapat selesai.

Adapun apabila problemnya adalah salah satu saja dari beberapa port USB laptop  tersebut yang tidak terdeteksi, dimana yang lainnya masih bisa digunakan, maka mungkin penyebabnya adalah adanya listrik statis di perangkat laptop yang membuat salah satu port USB laptop tersebut tidak dapat mendeteksi perangkat luar yang dicolokan.

Untuk mengatasi masalah ini, maka caranya yang pertama adalah mematikan laptop milik Kamu yang bermasalah tersebut.

Kemudian cabut juga semua perangkat luar yang dicolokan atau terhubung, setelah itu tunggu beberapa menit, hingga keadaan daya di laptop stabil setelah dimatikan.

Kemudian hidupkan laptop Kamu tersebut kembali, mudah-mudahan cara sederhana ini dapat mengembalikan fungsi dari port USB yang bermasalah tersebut, hingga nantinya dapat mendeteksi perangkat luar, seperti flashdisk dan yang lainnya.

Semoga berguna.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis