Cara Mengatasi Handphone yang Tidak Bisa di Charger

Salah satu aktifitas yang tidak henti-hentinya dilakukan oleh para pemilik handphone adalah melakukan charger pada handphone, dan apabila handphone tidak bisa untuk di charger maka itu mungkin disebabkan kerusakan pada komponen charger itu sendiri, selain itu faktor yang juga sangat mempengaruhi adalah baterai pada handphone tersebut.

Untuk itu langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencoba alat charger milik Kamu tersebut pada ponsel yang sejenis, dimana ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan alat charger yang mengalami rasakan.

Cara Mengatasi Handphone yang Tidak Bisa di Charger
Handphone di Charger

Kemungkinan lainnya kerusakan juga bisa terjadi pada baterai handphone yang ternyata sudah tidak dapat difungsikan untuk diisi dengan daya listrik.

Dan untuk mengetahui baterai yang sudah tidak bisa charger yaitu dengan memeriksa kondisi pada handphone, lihat apakah konektor pengisian ulang baterai masih berfungsi dengan baik atau tidak? Setelah itu lakukan pengujian dan pemeriksaan pada ponsel .

Apabila muncul pesan berupa “Not Charging” dimana pengisian pada baterai (yang dapat dilihat pada indikator isi ulang di layar ponsel) itu tidak bisa berjalan maka yang menjadi masalah adalah di IC Charge nya. Dan untuk mengatasinya dengan mengganti IC Charge yang lama, di ganti dengan IC Charge yang baru.

Perhatikan IC Power...
Adapun jika tanda indikator isi ulang pada handphone terlihat berjalan, sedangkan handphone telah terisi penuh, maka yang mengalami kerusakan yaitu IC Power. Dengan begitu untuk mengatasinya dengan mengganti IC Power yang lama, diganti dengan IC Power yang baru.

Disisi lain, jika indikator isi ulang berjalan terus, padahal saat itu handphone sedang tidak diisi / charge, maka berarti terjadi kerusakan adalah pada softwarenya. Untuk mengatasi hal seperti ini yaitu dengan melakukan program ulang pada handphone / smartphone Kamu.

Apabila setiap charge / pengisian ulang mengakibatkan ponsel selalu dalam mati. Maka, ini berarti terjadi masalah kerusakan pada IC Power atau juga IC Charge. Adapun jika selesai mengisi ulang handphone, disana ditemukan kebocoran pada listrik, dan saat menekan tombol power-on, ponsel tidak dapat menyala.

Kemungkinan hal ini karena kapasitas power suplai yang mengalami kebocoran listrik. Sasarannya adalah UI, PA, IC, IC Power yang tersambung pada tegangan battery VBATT, IC UI, IC Power. Karena IC Power merupakan BGA, yaitu IC yang terintegrasi , maka cara yang dilakukan biasanya, dengan melepaskan IC UI, setelah itu ponsel dapat diisi ulang kembali.

Yang penting diperhatikan apakah terjadi kebocoran listrik? 
Jika tidak terjadi kebocoran listrik, maka kerusakan ada pada IC UI, dan jika terjadi kebocoran maka yang mengalami kerusakan adalah IC Power. Dengan mengganti IC maka handphone dapat kembali di charger.

Kemudian ketika mengisi ulang handphone, Iseng-iseng menekan tombol ON, akan tetapi tidak ada arus listrik yang masuk yang dimana handphone tidak dapat menyala.

Jika anda menemukan masalah seperti ini maka lakukan pengukuran pada R224, apabila ditemukan tidak mempunyai tegangan VBAT 3,2 V pada kedua ujungnya itu, berarti yang mengalami kerusakan yaitu IC Power, atau bisa juga penyolderan yang kurang maksimal pada IC Power. Untuk mengatasinya maka ganti saja IC Power yang rusak dengan menggunakan IC power yang baru.

Nah, itu beberapa tips atau cara dalam mengatasi handphone tidak bisa untuk di charger, semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis