Apakah Bagus Menggunakan 2 Program Antivirus dalam 1 Komputer?

Tentunya agar komputer dapat aman dari serangan program berbahaya seperti virus, malware, trojan dan lainnya, maka “diwajibkan” untuk menginstal program Antivirus untuk menjaga keamanan komputer. 

Dan yang menjadi pembahasan kali ini adalah apakah bagus jika menginstal dan menggunakan 2 program antivirus (atau bahkan lebih) di dalam sebuah PC / komputer?

Apakah Bagus Menggunakan 2 Program Antivirus dalam 1 Komputer?
Macam--macam produk Antivirus

Memang terdapat bermacam-macam pendapat pengguna komputer tentang hal ini, dimana sebagian pengguna memiliki pendapat bahwa dengan menggunakan 2 program antivirus maka akan membuat keamanan komputer menjadi lebih terjaga, dan ini hanya pendapat saja. 

Yang benar adalah sangat disarankan untuk menggunakan 1 antivirus saja di komputer, karena dari pihak pengembang antivirus sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan satu antivirus saja.

Tetapi untuk penggunaan 2 antivirus atau lebih dalam satu komputer juga tidak dapat dilarang secara mutlak. Nah, apabila Kamu benar-benar sangat ingin menggunakan 2 antivirus dalam satu komputer maka harus memiliki beberapa syarat wajib, yaitu:
  • Memiliki spesifikasi CPU dan memori RAM yang bagus.
  • Memastikan bahwa sebuah antivirus dengan antivirus lainnya dapat cocok, apabila keduanya tidak dapat ‘akur’ maka jangan dipaksakan, gunakan salah satunya saja.
  • Kamu perlu memberikan prioritas lebih tinggi kepada salah satu Antivirus.
  • Baca dan pelajari informasi dan penjelasan yang ada masing-masing antivirus yang ingin diinstal secara bersamaan dalam satu komputer.

Akibat menggunakan 2 program antivirus secara bersama-sama

Memang ada beberapa produk program Antivirus yang dapat dijalankan bersama-sama dengan antivirus lainnya di komputer, dan tidak ada problem berarti yang ditemui. 

Adapun masalah yang ditemui adalah penggunaan Memory CPU yang lebih tinggi, sehingga Kamu perlu memiliki spec pada CPU dan memori RAM yang tinggi. 

Karena dengan menggunakan 2 antivirus atau lebih pada satu komputer maka dipastikan akan membuat komputer menjadi lebih lambat.

2 Antivirus sama-sama mendeteksi sebuah virus

Dengan menggunakan dua buah antivirus secara bersamaan di komputer, maka sangat memungkinkan terjadinya sebuah virus yang terdeteksi oleh 2 program antivirus.

Hal seperti ini terkadang akan membuat masalah, hal itu karena antivirus yang mendeteksi suatu virus, biasanya akan mengunci nya (lock), yang dengan begitu file virus tersebut tidak dapat diakses dan juga dihapus dengan cara biasa.

Sehingga ada sebuah problem yang akan muncul ketika kita ingin mengkarantina atau delete file virus tersebut, hal itu akan gagal dilakukan lantaran file virus tersebut juga dikunci oleh antivirus lainnya di komputer.

Sehingga dengan begitu masalah tidak akan berakhir. Untuk mengatasi ha ini maka Kamu perlu melakukan hal yang cukup merepotkan, yaitu dengan menonaktifkan pada salah satu antivirus.

Setelah itu baru mengeksekusi file virus tersebut, baik dengan menghapusnya ataupun mengkarantina-nya, akan tetapi hal ini juga bisa gagal, karena walaupun dinonaktifkan antivirus tersebut tetap me-lock file virus tersebut.

Komputer jadi Crash

Perlu diketahui bahwa Antivirus merupakan sebuah program komputer yang cukup banyak memakan memori CPU, dan dengan menggunakan 2 buah antivirus atau bahkan lebih maka berpotensi membuat komputer menjadi mengalami crash, error, hang, dan lainnya. 

Hal ini sebenarnya dapat diakali dengan mengaktifkan hanya satu antivirus saja.  Maksudnya yang lebih tepat yaitu membagi tugas yang berbeda pada 2 antivirus, program antivirus dapat diandalkan untuk melakukan berbagai hal seperti Real time guard, Proactive defense, Resident Protection, Active guard, Resident shield, dan yang lainnya.

Kamu dapat menonaktifkan fitur yang sama pada salah satu antivirus tersebut, dengan begitu akan dapat menghindari bentrok antar dua buah antivirus, hal itu juga mengurangi kerja sistem komputer yang terlalu berat. Cara seperti ini sebenarnya juga cukup merepotkan.

Dengan begitu memang tidak disarankan untuk menggunakan dua buah program antivirus pada satu komputer, akan menimbulkan berbagai masalah. 

Dengan keterbatasan ilmu saya, mungkin teman-teman memiliki pengalaman lain tentang menginstal dua atau lebih antivirus di PC, Kamu dapat share pengalaman-mu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.