12 Tips Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Tips Mencegah dan Mengatasi Sembelit -- Masalah Konstipasi atau yang sering disebut sembelit mengakibatkan kondisi yang benar-benar tidak nyaman ketika melakukan aktivitas, demikian juga mengganggu nyamannya tidur di malam hari.

Dimana keadaan sembelit ini mengacu pada masalah gerakan usus yang sulit, disebabkan tinja yang kering dan keras, sehingga membuat tubuh sulit untuk melepaskan.

Masalah sembelit ini membuat perasaan menjadi sangat tidak tenang, aktivitas makan juga menjadi terganggu, hingga munculnya masalah kembung pada perut.

Sembelit juga menjadi penyebab menyempitnya ikat pinggang yang kita kenakan karena tubuh yang menjadi lebih lebar karenanya, tidur juga menjadi tidak nyenyak sehingga benar-benar menyiksa, berikut di bawah ini beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi masalah sembelit ini:
  1. Jangan pernah melewatkan makan, dimana dengan makan selain menghilangkan lapar juga untuk merangsang refleks yang membuat isi di dalam perut bergerak menuju ke usus besar. Sehingga saat tidak ada pergerakan tersebut maka mengakibatkan seseorang susah untuk buang air besar. Untuk itu yang sangat penting yaitu sarapan di pagi hari, dang sangat dianjurkan untuk makan sarapan yang mengandung protein, yang bermanfaat juga untuk mencegah kenaikan berat badan, sehingga hal ini juga bermanfaat untuk Kamu yang ingin diet.
  2. Tambahlah asupan serat yang mencukupi untuk tubuh, dimana biji-bijian, buah dan sayuran menjadi makanan yang kaya akan serat. Manfaat kandungan serat ini bermanfaat untuk memudahkan pencernaan dan memperlancar pergerakan usus halus. Sehingga karena manfaatnya yang penting tersebut, Kamu perlu mengkonsumsi makanan seperti sereal, roti gandum dan semacamnya yang kaya akan kandungan serat.
  3. Rajin minum air putih, dimana Air memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh, dimana manfaat air salah satunya yaitu menjaga sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit, serta mempercepat proses penyembuhan ketika tubuh sudah terkena masalah sembelit. 
  4. Minum kopi, pada sebuah studi penelitian dari Negara Inggris menunjukan hasil penelitiannya bahwa secangkir kopi berkafein ternyata bermanfaat untuk merangsang pergerakan usus, sehingga apabila Kamu tidak memiliki masalah dengan zat kafein, maka dapat mencoba minum kopi saat sembelit.
  5. Jangan lupa berolahraga, dimana dengan melakukan kegiatan seperti berjalan, berenang, jogging dan latihan aerobik sekitar 30 menit, dengan frekuensi tiga kali seminggu sudah memiliki manfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit. 
  6. Hindari yang namanya Fast Food sebisa mungkin, yaitu makanan cepat seperti kentang goreng, keripik, gorengan, burger, sosis, roti putih dan juga kue-kue yang terlalu banyak mengandung karbohidrat, maka jenis makanan yang seperti itu cukup sulit untuk dicerna usus, yang akhirnya menyebabkan terjadinya masalah sembelit, sehingga penting untuk membatasi mengkonsumsi makanan seperti itu.
  7. Gunakan Kunyit, dimana kunyit dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, utamanya lagi pada organ pencernaan. Dimana pada kunyit terdapat senyawa kurkumin yang bermanfaat untuk melapisi dinding usus, yang fungsinya agar sisa makanan bisa dengan mudah didorong keluar oleh usus. 
  8. Konsumsi gandum, karena didalamnya terdapat kandungan serat yang bersifat lembut dan membantu untuk menggerakan feses. Bila Kamu belum pernah atau jarang mengkonsumsi gandum, maka mulai sekarang Kamu bisa juga sesekali mengkonsumsi gandum. 
  9. Menjadi aktif dalam setiap waktu, dimana gangguan pencernaan terjadi juga karena duduk diam yang terlalu lama. Sehingga dengan berusaha Aktif pada setiap waktu bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat dalam sehari-hari, selain sehat untuk tubuh juga menambah produktifitas kerja Kamu juga.
  10. Hindari tegang ketika buang air besar, dimana dengan mencoba “memaksanya” keluar maka malah menimbulkan hal buruk, seperti munculnya penyakit lain seperti wasir atau tonjolan pada jaringan rektum. Jika Kamu tetap tidak bisa “mengeluarkannya” setelah 15 menit disana, maka hentikan saja lalu tinggalkan toilet.
  11. Demikian juga sebaliknya, hindari terlalu lama menahan karena berbagai alasan, dengan terlalu lama menahan BAB maka mengakibatkan makanan yang tidak tercerna menempel pada lapisan usus, sehingga akhirnya menimbulkan penyakit sembelit.
  12. Dengan cara jongkok. Seperti yang dikatakan Jacqueline Wolf, MD, yang merupakan seorang ahli sistem pencernaan dan asosiasi professor kedokteran di Harvard Medical School, dia menjelaskan bahwa dengan sembelit berjongkok maka akan meluruskan sudut usus, dimana it memberikan manfaat untuk mengeluarkan feses dengan lebih cepat dan lancar.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis