7 Efek Buruk Penggunaan Pendingin Ruangan (AC) dan Manfaatnya

Alat pendingin ruangan atau yang sering disebut dengan AC memang memiliki manfaat agar suhu ruangan bisa tetap konstan, akan tetapi bukan itu saja kegunaannya, selain itu juga berguna untuk meningkatkan kualitas udara pada ruangan yang menggunakan AC tersebut.

Sehingga memiliki manfaat kesehatan untuk menurunkan resiko penyakit asma dan juga alergi.  Barang AC saat ini sudah tidak jarang dimiliki rumah-rumah, terutama yang tinggal di perkotaan.

Dimana dengan adanya AC ini diharapkan dapat menjadi “pahlawan” dalam mengalahkan hawa panas terik yang dirasakan, terutama untuk yang tinggal di kota-kota. 

Sehingga membuat hawa ruangan yang semula panas dan penat menjadi sejuk. Akan tetapi dibalik manfaatnya tersebut, ternyata pendingin ruangan atau AC juga dapat menimbulkan akibat buruk yang perlu kita perhatikan, sehingga nantinya dapat meminimalisirnya

Efek Buruk Penggunaan Pendingin Ruangan (AC) dan Manfaatnya

Terutama yang bisa menimbulkan masalah adalah saat ternyata AC tidak dirawat dengan baik, dan juga sangat jarang dibersihkan dari yang seharusnya. 

Adapun jika sebenarnya AC yang dirawat dengan cara yang baik, maka bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kenyamanan. Berikut di bawah ini manfaat AC untuk kesehatan:
  • Melindungi dari tubuh mengalami atau terkena suhu panas
  • Meminimalisir terjadinya dehidrasi, karena paparan panas yang berlebihan mengakibatkan aktivitas keringat yang berlebihan, sehingga apabila cairan tubuh yang hilang “tidak diisi ulang” maka dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi
  • Meningkatkan Produktivitas kerja, dimana AC akan sangat berguna dalam membantu mengurangi kelelahan tubuh karena masalah panas dan stres, sehingga dengan kondisi ruangan yang sejuk maka sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja dan membuat pikiran lebih fresh. 
  • Meningkatkan Kualitas Udara dalam ruangan, hal itu karena seringnya AC ini memiliki kemampuan untuk menyaring debu, serbuk sari, dan juga allergen di ruangan. Kemudian juga berguna untuk mengatasi masalah kelembaban ruangan. 

Efek Buruk Penggunaan Pendingin Ruangan (AC) 



Dengan adanya AC maka seseorang akan merasa lebih nyaman saat berada di ruangan, akan tetapi dibalik rasa dinginnya tersebut, penggunaan AC juga dapat merugikan kondisi tubuh, apalagi jika menggunakannya secara tidak benar, serta tidak merawatnya Ac tersebut. 

Berikut di bawah ini adalah beberapa efek buruk dari penggunaan pendingin udara atau AC, terutama jika berlebihan dalam menggunakannya.
  1. Kulit menjadi kering, dimana AC memang mampu menyerap kelembaban udara, tetapi ini juga dapat memicu kulit menjadi kering, sehingga apabila Kamu merupakan orang yang sering menghabiskan waktu di tempat-tempat atau ruangan yang menggunakan pendingin ruangan, maka pastikan untuk minum air putih yang banyak untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan.
  2. Masalah pernapasan, hal ini dapat terjadi terutama ketika AC jika sangat jarang dibersihkan dari yang seharusnya dilakukan. Sehingga penting untuk rutin membersihkan AC, seperti setahun 3 kali atau 4 kali, atau jika lebih dari maka lebih baik.
  3. Masalah Sakit kepala, karena suhu yang selalu dijaga sangat rendah karena penggunaan pendingin ruangan, maka ini dapat menimbulkan beberapa akibat buruk seperti masalah sakit kepala pilek, batuk, atau juga masalah flu, sehingga jangan setting berupa suhu terlalu rendah pada pendingin ruangan, akan tetapi sedang-sedang saja tetapi tetap membuat nyaman.
  4. Masalah Berat Badan, dimana pada sebuah penelitian oleh biostatisticians di University of Alabama di kota Birmingham. Dengan hasil studi bahwa saat menggunakan AC maka membuat tubuh tidak lagi perlu untuk mengeluarkan energi, sehingga proses membakar kalori akan menjadi sangat minim, yang akhirnya mengakibatkan terjadinya kenaikan berat badan. 
  5. Orang-orang yang menghabiskan terlalu lama di ruangan ber-AC maka mengakibatkan tubuh akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan suhu yang panas, sehingga usahakan jangan terlalu lama berada di ruangan ber-AC, sesekali perlu keluar dari ruangan.
  6. Masalah pada mata, dimana udara yang kering (karena penggunaan AC) dapat juga memberikan dampak buruk pada organ mata. Udara kering tersebut memberikan masalah seperti gatal, iritasi, dan juga problem pada lensa kontak mata. Selain itu juga dapat memperburuk kondisi seperti pada masalah radang selaput mata dan blepharitis (kelopak mata bengkak).
  7. Polusi suara, dimana pada mesin AC yang tidak mendapat perawatan yang baik, dapat menimbulkan suara yang cukup mengganggu telinga kita, karena bunyi bising yang menjadi semacam polusi suara.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis