Review Game This War of Mine, Permainan Sosial Berjuang di Tengah Peperangan

Kali ini saya akan mereview sebuah game terbaru yang cukup layak untuk Kamu mainkan, game tersebut  yaitu This War of Mine, dimana permainan ini membuat Kamu layaknya Bermain game The Sims yang versi Kelam. 

11 bit studios ini menjadi sebuah developer atau pengembang untuk membuat game yang sudah cukup populer, dimana developer ini awalnya sudah mulai dikenal dengan nama game fenomenal yang judulnya Tower Defense.

Review Game This War of Mine, Permainan Sosial Berjuang di Tengah Peperangan
Game This War of Mine, Permainan Sosial Berjuang di Tengah Peperangan

Dan sekarang 11 bit studios ini akan mengeluarkan game baru yang berada di luar genre tersebut sehingga tentunya akan ada hal baru yang cukup membuat para gamers penasaran untuk melihat dan memainkannya. 

Game This War of Mine ini mendapatkan banyak sekali pujian dari berbagai situs review sehingga tampaknya sangat baik untuk saya review, berdasarkan pengalaman para pemainnya yang telah berjam-jam memainkan game This War of Mine ini maka terjadi pergelutan emosi dan jiwa dalam memainkannya, dimana suasana bermain benar-benar terasa menantang dan penasaran ingin bisa melewati tingkat- demi tingkat permainan yang ada.

Game This War of Mine akan mengajak pemainnya untuk terjun ke dalam dunia pertarungan atau peperangan, tetapi pada Game This War of Mine ini Kamu bermain bukan sebagai pemimpin perang maupun ahli strategi, melainkan sebagai seorang prajurit elit,.

Dimana ceritanya Kamu adalah penduduk sipil biasa yang harus berjuang untuk dapat hidup di tengah kerusuhan perang yang sedang terjadi. 

Ketika pertama-tama memainkannya Kamu diminta untuk memilih ‘cerita’ permainan yang tersedia, dimana pada setiap ‘cerita’ itu terdiri dari 2-4 karakter di dalamnya, akan tetapi karakter-karakter tersebut yang tidak dapat untuk kamu tentukan dengan sendiri.

Game This War of Mine, Permainan Sosial Berjuang di Tengah Peperangan

Dalam permainan, maka pemain akan mendapatkan sebuah rumah yang nantinya digunakan sebagai tempat tinggal. Seperti halnya game simulasi umumnya maka pada setiap karakter kamu memiliki kemampuan dan spesial yang berbeda-beda. 

Dimana kemampuan-kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan permainan Kamu di dalamnya. Seperti misalnya pada karakter Katia yang memiliki kemampuan tawar menawar yang sangat baik, dia sangat pandai melakukan hal tersebut, sehingga Kamu dapat memakainya untuk melakukan aktifitas barter yang nantinya akan memberikan keuntungan lebih.

Beberapa karakter lainnya seperti Arica yang memiliki kemampuan untuk  mengendap-ngendap dengan pelan tanpa diketahui, adapun karakter Pavle memiliki kemampuan atau kelebihan sebagai pelari yang sangat cepat, demikian juga dengan karakter-karakter selanjutnya. 

Dalam gameplay permainan, maka pada siang hari pemain nantinya akan melakukan berbagai aktivitas seperti layaknya kehidupan manusia di dunia nyata seperti memasak, makan, tidur, membuat peralatan dan banyak aktifitas lainnya. 

Adapun yang agak berbeda yaitu pada malam hari, Kamu akan menetapkan rencana pencarian, dimana satu dari karakter yang dimiliki akan pergi untuk mencari perlengkapan, peralatan, senjata, makanan, obat-obatan dan lainnya.

Adapun karakter lainnya dapat memilih untuk tidur ataupun berjaga-jaga sepanjang malam. Dalam permainan Kamu akan memilih area yang ingin dikunjungi dengan berdasarkan keterangan yang tertera. 

Seperti misalnya memprediksi apakah keselamatan kamu akan terjamin atau tidak sesampainya di suatu tempat. 

Tidak jarang karakter dapat tewas ketika sedang melakukan pencarian, dimana hal yang cukup menyulitkan bahwa terdapat berbagai area yang terlihat tenang, akan tetapi nyatanya memiliki banyak sekali penembak jitu yang menyerang, dan juga sebaliknya ada suatu tepat yang terlihat bahaya akan tetapi ternyata aman-aman saja.

Masalah dalam bermain…
Ketika bermain, maka gamers dapat mengalami berbagai masalah yang menghadang, seperti ketika pada suatu tingkat permainan dengan kondisi pemain harus bertahan hidup dalam cuaca yang sangat dingin. Cuaca yang sangat dingin tersebut dapat diatasi dengan membakar kayu untuk menghangatkan ruangan, akan tetapi masalah timbul ketika persediaan kayu kamu juga terbatas.

Sementara karakter sangat membutuhkan kayu untuk memasak maupun membuat peralatan lainnya. Dan keadaan akan menjadi benar-benar buruk ketika salah satu karakter mengalami jatuh sakit, cuaca yang dingin tanpa adanya alat penghangat yang dapat memadai maka dapat membuat karakter sakit yang berujung dengan kematian.

Dan persediaan makanan memang merupakan hal yang krusial untuk benar-benar diperhatikan, demikian juga dengan persediaan obat yang juga sangat penting untuk diperhatikan dan dipenuhi, dimana semua item yang disebutkan diatas tersebut merupakan barang-barang langka yang paling sulit untuk dicari. 

Untuk itu seringkali pemain menggunakan siasat dengan memanfaatkan obat yang dimiliki untuk ditukarkan dengan makanan apabila persediaan makanan benar-benar sudah tipis bahkan habis.

Hal yang cukup menarik pada Game This War of Mine ini bahwa uang bukanlah segala-galanya, dimana memang dalam bermain Kamu benar-benar akan dikondisikan kesulitan untuk mendapatkan uang, dan memikirkan mendapatkan boro-boro uang, memikirkan untuk bisa makan di hari esok saja sudah sangat sulit dilakukan. 

Kemudian juga Kamu akan mengalami pergelutan emosi dan jiwa dalam bermain, seperti ketika adegan permainan tentang seorang wanita yang akan dinodai oleh prajurit yang jahat. 

Ketika itu kamu akan dapat memilih, membiarkan diri kamu (karakter) yang mati ditembak oleh prajurit tersebut karena berusaha untuk menyelamatkan sang gadis dari kejahatan, atau sebaliknya membiarkan gadis itu dinodai olehnya, tentu ini merupakan sebuah pilihan yang sangat sulit.

Game This War of Mine, Permainan Sosial Berjuang di Tengah Peperangan
Game This War of Mine, Permainan Sosial Berjuang di Tengah Peperangan

Pada kejadian diatas, ketika keputusan yang diambil yaitu hanya ingin menyelamatkan diri sendiri, maka hal ini juga berdampak buruk dengan terganggu nya psikis karakter tersebut, dimana sang karakter yang mengalami kejadian tersebut akan mengalami depresi berat karena ketidakberdayaannya untuk menolong gadis malang itu. 

Ketika karakter dalam keadaan yang depresi maka dia tidak akan bisa melakukan apa-apa lagi, seperti tidak dapat tidur, makan  dan aktivitas lainnya, karakter benar-benar akan menjadi down.

Kejadian memilukan lainnya dalam bermain game This War of Mine juga seperti ketika pemain akan benar-benar menjadi merasa sangat bersalah ketika harus mencuri makanan dari pasangan tua, sedang yang istrinya yang juga sedang tua sedang mengalami sakit keras. 

Dimana dalam keadaan berat untuk mengambil makanan dan obat-obatan dari mereka yang dalam keadaan yang seperti itu, 

Kamu juga sedang dalam keadaan yang sangat lapar dan juga dalam keadaan sakit. 

Dengan begitu maka cukup pantas dikatakan bahwa game This War of Mine ini sangat pandai dalam mempermainkan perasaan pada gamers, dimana ketika memainkannya Kamu akan merasakan dilemma yang sangat.

Dan ada berbagai hal lainnya yang ada pada game This War of Mine ini, dan permainan akan menjadi berakhir saat tidak ada satu karakter pun yang ada di rumahmu. Sehingga dengan begitu kedatangan orang baru akan menjadi hal yang sangat baik ketika hanya ada satu orang yang tersisa di rumah. 

Seperti ketika satu karakter dalam keadaan yang sakit, maka kamu dapat menggunakan orang baru itu untuk mencari obat atau makanan di luar pada malam hari. Akan tetapi di sisi lain bahwa kedatangan orang asing juga dapat menjadi bumerang yang justru merugikan.

Kesimpulan...
Game This War of Mine ini menggunakan tampilan grafis yang digambarkan dengan bentuk sketsa. Dimana permainan ini didominasi dengan warna-warna kelam seperti abu-abu, hitam, putih, dan tampilan lightning yang halus, sehingga suasana permainan berada benar-benar dalam kondisi peperangan.. 

Dan game This War of Mine ini pemain akan belajar bagaimana rasanya terperangkap dalam ‘kelamnya’ peperangan. Game This War of Mine ini berbayar dengan dibanderol dengan harga sekitar 100 Ribu, support untuk Windows dan iOS, untuk menuju situsnya klik disini.

Demikian review tentang game This War of Mine, semoga menghibur.