10 Cara Mudah Menghemat Baterai di Android

Mungkin seperti yang diketahui oleh kita semua bahwa Android kini menjadi rajanya ponsel maupun tablet PC, populernya Android karena berbagai fitur yang menarik dan canggih yang ditawarkan, serta harganya yang miring sehingga dapat dijangkau oleh kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Dengan Android memiliki fitur-fitur yang sangat canggih, maka membuat penggunanya akan nyaman menggunakannya.

Cara Mudah Menghemat Baterai di Android

Akan tetapi jika fitur-fitur hebat nan menarik tersebut tidak diimbangi dengan kekuatan baterai yang dapat tahan lama, maka akan sangat merepotkan jika sedikit-sedikit isi baterai Android habis.

Walau begitu sebenarnya baterai Android tidaklah sebegitu borosnya, akan tetapi borosnya baterai Android itu sangat tergantung dari penggunanya itu sendiri.

Adapun untuk masalah borosnya baterai Android karena cara pemakaiannya, maka bisa diatasi dengan meminimalisir penggunaan suatu aplikasi apabila memang tidak diperlukan.

Nah yang menjadi masalah, seperti salah satu contoh saat ponsel dalam keadaan standby tetapi baterai tetap saja boros, untuk problem seperti ini maka berhubungan dengan masalah pengetahuan dari sistem kerja pada baterai dan ponsel android.

Cara menghemat baterai di Android

Secara umum yang cukup banyak menghabiskan baterai Android adalah pada prosesor, sinyal, dan layar. Prosesor dapat dikatakan sebagai otak dari suatu ponsel, yang akan mengolah segala perintah yang dibuat.

Adapun layar berguna untuk menampilkan visualisasi dari penggunaan ponsel, sedangkan sinyal berguna untuk mendapatkan koneksi ke jaringan luar, sehingga memakan banyak sekali energi baterai.

Berikut di bawah ini, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai pada ponsel Android.
  1. Apabila kamu sedang tidak memerlukan koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi, maka gunakan saja mode biasa seperti EDGE / GPRS / 2G.
  2. Minimalisir penggunaan ponsel sambil bergerak atau berjalan, hal itu karena pancaran pada sinyal transmitter itu akan memakan cukup banyak energi baterai, dibanding ketika kita menggunakan ponsel dalam keadaan diam.
  3. Usahakan untuk switch pada koneksi internet melalui Wifi atau bluetooth (jika tersedia), hal itu lantaran koneksi internet yang menggunakan mode SIM Card maka akan memakan energi baterai lebih besar.
  4. Apabila tidak sedang digunakan, maka jangan ragu-ragu segera matikan koneksi Wifi dan Bluetooth.
  5. Gunakan aplikasi yang memerlukan koneksi jaringan dengan seperlunya, seperti GPS dan Sync.
  6. Kamu dapat menggunakan aplikasi untuk sistem Android seperti Task Killer atau Baterai Dr. Saver, yang berguna untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang dan tidak terlihat, dengan menutup proses yang tidak diperlukan maka ponsel akan lebih ringan bekerja, sehingga dapat menghemat baterai.
  7. Hindari kebiasaan mengakhiri menggunakan aplikasi hanya dengan menekan tombol HOME saja, karena aplikasi tersebut tidak tertutup walaupun tidak terlihat, serta akan terus berjalan, sehingga ini akan sangat memboroskan baterai Android Kamu.
  8. Hindari memasang wallpaper bergerak, atau animasi secara berlebihan
  9. Kurangi kecerahan layar, namun juga perlu diperhatikan jangan sampai mengganggu pandangan. Dan juga matikan fitur getar ketika tidak dibutuhkan.
  10. Kamu bisa menggunakan headset untuk mendengarkan audio, kurangi kebiasaan terlalu sering menggunakan speaker ponsel secara langsung.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghemat baterai Android, mungkin Kamu punya tips-tips lain, maka Kamu bisa menulisnya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis