Fungsi & Cara Masuk ke Safe Mode Windows

Safe Mode merupakan sebuah istilah yang sudah cukup dikenal di komputer, terdapat berbagai manfaat yang terdapat pada fitur Safe Mode ini, seperti untuk memeriksa masalah sistem pada OS Windows, untuk kemudian diperbaiki jika ditemukan kerusakan pada sistem.

Kemudian fitur safe Mode juga dapat digunakan untuk mengecek kondisi atau masalah pada driver, serta fitur safe mode ini juga dapat digunakan untuk menghapus virus.

Fungsi & Cara Masuk ke Safe Mode Windows
Safe ModeWindows

Fitur Safe mode ini adalah bagian dari sebuah opsi pada start up atau ketika awal-awal menjalankan komputer, kegunaan yang umum dari fitur ini adalah mengatasi masalah yang berkaitan dengan sistem Windows. 

Dengan Kamu masuk ke Safe Mode, maka nantinya sistem operasi Windows berjalan dengan keadaan sedikit program yang jalan. Dimana program dan driver yang diperlukan saja yang akan dijalankan (aktif).

Adapun untuk program / software tambahan maka tidak diaktifkan oleh sistem. Kala Kamu masuk ke safe mode, maka akan terlihat tanda / tulisan “safe Mode”  di bagian pojok atas,

Bagaimana cara masuk ke Safe Mode?

Sistem operasi Windows memiliki berbagai macam versi, seperti Windows 7, Vista, XP dan lainnya. Cara masuk ke safe mode di Windows 7 dan Windows 8 sebenarnya hampir sama, hanya pada Win 8 memang nantinya Kamu akan menemukan fasilitas tambahan.

Berikut di bawah ini terdapat dua cara yang dapat Kamu lakukan.

Cara ke-1 untuk masuk ke safe mode di Windows 7 dan 8
  1. Hidupkan atau restart PC milik kamu.
  2. Tekan tombol F8 ketika komputer booting dengan tepat (bisa dilakukan beberapa kali secara berulang-ulang).
  3. Pilih "Safe Mode", kemudian tekan tombol Enter.

Cara ke-2
  1. Klik Start Button/ search pada windows 8
  2. Klik "run", kemudian ketik "msconfig"
  3. Pilih tab "Boot"
  4. Centang "Safe boot" pada bagian Boot option
  5. Restart PC / komputer Kamu.

Untuk masuk safe mode Windows XP juga caranya mudah, berikut di bawah ini caranya.
  1. Pertama-tama hidupkan atau restart komputer milik kamu.
  2. Saat komputer booting, segera kamu tekan F8, hingga nantinya Kamu akan masuk ke Windows Advance Options Menu.
  3. Pilih pada opsi Safe Mode.
  4. Dengan begitu, kamu masuk ke Windows Safe Mode.

Jika ingin kembali ke Windows dengan kondisi Normal, maka caranya hanya dengan restart komputer.

Adapun cara pada windows Vista untuk masuk ke safe mode adalah ketika booting, tekan tombol F8 maka Kamu akan mendapati beberapa menu, pilih pada menu safe mode, maka dengan begitu Kamu akan masuk ke safe mode, cara ini sama dengan yang ada pada Windows XP.

Fungsi Safe Mode pada Windows
  • Untuk menonaktifkan dan memeriksa program tertentu. 
  • Untuk uninstall pada software yang sebelumnya membuat komputer Kamu menjadi hang ataupun error. Karena memang pada program atau software yang bermasalah di windows, maka terkadang juga diperlukan cara uninstal di safe mode
  • Memeriksa untuk mengatasi problem mengenai VGA atau tampilan grafik, ketika tampilan bermasalah maka dapat mengeceknya pada menu “Enable VGA Mode”. Apabila hasilnya normal (tidak ada masalah), maka kemungkinan yang perlu diperbaiki (repair) adalah pada driver VGA-nya.
  • Membuka Registry Editor, sehingga kita dapat memeriksa Registry yang ada pada sistem, atau bahkan juga mengedit pada bagian tertentu Registry tersebut.
  • Menghapus file bahkan juga program virus dan program berbahaya lainnya, yang tidak bisa dilakukan dengan mode Windows yang normal, maka diperlukan masuk ke safe mode untuk mengatasinya.
  • Mengaktifkan atau menjalankan fitur system restore, sehingga nantinya berguna untuk mengembalikan ke kondisi sistem Windows yang sebelumnya.
  • Untuk masuk ke fitur-fitur yang ada pada Control Panel, Administrative tools dan yang lainnya.

Safe Mode ini sebenarnya juga merupakan bagian dari fasilitas standard yang terdapat pada OS Windows, yang perlu diketahui bahwa terkadang program berbahaya seperti virus juga dapat aktif pada safe mode tersebut.

Demikian pembahasan tentang fungsi dan cara masuk ke fasilitas Safe Mode di sistem operasi Windows, semoga bermanfaat.

loading...