Cara Mengatasi Bootloop Pada Sistem Android

Sebagai pengguna Android mungkin kamu pernah mengalami masalah pada perangkat kesayangan Kamu itu, salah satu masalah pada Android yaitu terjadinya Bootloop...

Yaitu sebuah problem yang sebenarnya bukan hanya “menyerang” pada Android saja, tetapi juga pada perangkat lainnya yang menggunakan sistem operasi Android seperti pada Tablet dan gadget lainnya.

Cara mengatasi bootloop pada Android
Cara mengatasi bootloop pada Android

Bootloop merupakan sebuah kejadian dimana OS Android tidak dapat start up, hal itu terjadi sebelum menuju menu home, dan pengguna justru akan “dipaksa” menuju ke tempat awal saat menghidupkan smartphone.

Dengan masalah seperti itu, maka kita sebagai pengguna Android tidak dapat menjalankannya, karena hal tersebut terjadi secara terus menerus.

Cara mengatasi bootloop pada Sistem operasi Android

Untuk mengatasi bootloop pada sistem operasi Android milikmu memang diperlukan cara tertentu yang cocok, karena terdapat berbagai pilihan cara dalam mengatasi bootloop pada Android, dan sebagai pemilik smartphone atau gadget lainnya menghindari rasa panik yang justru nantinya membuat kondisi gadget semakin parah.

Cara untuk mengatasi bootloop di android yang satu dengan lainnya ada kemungkinan berbeda, sehingga perlu bagi kita mencari sebab dari Android yang mengalami hal tersebut, sehingga cara mengatasinya dapat dilakukan secara tepat, hindari terlalu terburu-buru dan tindakan gegabah dalam memperbaikinya, tanpa tahu dasarnya.

Berikut di bawah ini beberapa macam Bootloop pada android.

1. Android Light Bootloop

Untuk tipe yang pertama ini adalah masalah-masalah yang ringan, dimana penyebab terjadinya bootloop pada Android adalah karena hal-hal seperti melakukan aktifitas bermain game di Android, memasang aplikasi, yang membuat Android restart, dan ketika Android hidup hanya sampai pada logo-nya saja.

Untuk mengatasinya maka tidak perlu dilakukan hal-hal yang rumit, Kamu hanya perlu mematikan perangkat, lalu mencabut baterai dan tunggu beberapa saat.

Kemudian pasang dan hidup-kan perangkat, maka mudah-mudahan masalah dapat diselesaikan dengan cara simple ini. Akan tetapi pada Tablet memang cukup sulit melakukan cara ini, karena baterai bersifat “satu paket” dengan perangkat.

2. Android Medium Bootloop

Masalah pada tipe ini biasanya karena user yang sangat hobi untuk mengotak-atik pada perangkat Android, dimana problem yang diakibatkan dari hal ini adalah perangkat yang masih dapat untuk dihidupkan, akan tetapi menuju ke bagian “Recovery Mode”. 

Untuk mengatasi itu, maka Kamu perlu sebuah PC Windows dan juga file recovery image yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan “Restore  Boot Image” pada yang original dan CWM.

Langkah diatas berlaku jika Kamu sebelumnya sudah melakukan back-up. Adapun jika belum maka Kamu perlu sebuah  file recovery dari pengguna lainnya, yang juga memiliki tipe android yang sama.

3. Android Hard Bootloop

Untuk yang ketiga ini merupakan tingkatan bootloop yang paling parah, kejadian seperti ini terjadi akibat kesalahan dari memodifikasi atau mengedit file pada OS Android, dimana hal ini dapat menyebabkan akibat yang parah seperti ponsel yang tidak dapat lagi untuk melakukan booting, ataupun juga hanya dapat sampai pada logo Android.

Kejadian seperti ini umumnya karena user yang memodifikasi script dan rooting, contohnya seperti mengubah pada partisi eksternal atau yang dikenal dengan micro SD, lalu juga melakukan pengubahan pada font, men-delete pada aplikasi yang sebenarnya merupakan bawaan dari OS Android itu sendiri, serta banyak hal lainnya yang menyebabkan kejadian seperti ini.

Pada problem seperti ini, pengguna juga tidak dapat masuk ke bagian “Recovery Mode”. Dan untuk mengatasi bootloop pada Android seperti ini adalah memilih software dan flashing yang tepat untuk Android Kamu, hal itu karena setiap perangkat dan smartphone memiliki perbedaan pada hardware-nya.

Untuk melakukan flashing ini, juga dengan pertimbangan jenis chipset yang ada pada Android Kamu.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi Bootloop yang terjadi pada sistem operasi Android, semoga berguna.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis