Cara Mencari Lokasi Ponsel yang Hilang dengan Android Device Manager

Mencari lokasi ponsel yang hilang -- Apabila Kamu memiliki ponsel yang menggunakan sistem operasi Android, maka untuk mengatasi apabila terjadi hal yang paling tidak diinginkan terjadi pada ponsel Kamu, yaitu hilang dan jatuh ke pihak lain.

Maka sebenarnya Kamu dapat mencari lokasi dari ponsel dengan sistem Android yang hilang tersebut.

Mencari Lokasi Ponsel yang Hilang dengan Android Device Manager
Android Device Manager

Tentunya cara ini untuk mengantisipasi apabila ponsel Kamu hilang, dimana setidaknya ada dua buah kerugian akibat dari hal ini, pertama tentu hilangnya pada ponsel yang harganya mahal, sehingga mengakibatkan harus membeli ponsel baru. 

Hal kedua yang tidak kalah bahayanya, yaitu data-data penting dan rahasia milik Kamu, jangan sampai ada pihak lain yang mengaksesnya. Untuk mengatasi kedua hal ini, maka kita dapat menggunakan sebuah fitur yang dibuat oleh Google Inc.

Kamu dapat menggunakan secara gratis aplikasi Android Device Manager, yang menurut saya aplikasi ini sangat bermanfaat, disamping itu kita perlu berusaha mencari sendiri ponsel yang hilang, selain meminta bantuan kepada pihak lain. 

Untuk mencari lokasi dari ponsel (dengan sistem operasi Android) yang hilang, maka pertama-tama Kamu perlu memiliki hak Administrator pada layanan “Android Device Manager”, yang nantinya itu berguna agar pengguna bisa melakukan akses dari perangkat PC / komputer, terhadap informasi lokasi dari ponsel  yang hilang.

Adapun untuk penggunaan tablet dengan cara bersama (satu tablet beberapa user), maka hanyalah pemilik tablet saja yang bisa untuk mengatur aplikasi Android Device Manager ini. 

Adapun mula-mulanya untuk menggunakan aplikasi ini adalah membuka “Google Setting” yang terletak di menu layanan aplikasi ini. Kemudian pilih “Android Device Manager”.

Langkah-langkah
Setelah itu ada dua opsi atau fitur yang dapat Kamu jalankan, yang pertama yaitu Remotely locate this device, berguna untuk mencari perangkat, untuk nantinya akan ditemukan lokasinya dengan layanan Google Maps. 

Fitur ini dapat Kamu gunakan pada ponsel yang menggunakan sistem operasi Android 4.1 atau yang diatasnya. Aktifkan akses lokasi, yaitu dengan akses Google Settings -> Location -> Access location.

Kemudian fitur kedua, Allow remote factory reset memiliki kegunaan untuk menghapus semua file atau data di perangkat ponsel Kamu yang hilang. Untuk menjalankannya, maka pilih pada opsi ini, kemudian pilih “Activate”.

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi, kemudian sign in dari komputer Kamu pada halaman web dari Android Device Manager, alamat web-nya klik disini.

Nah, dengan melakukan langkah-langkah diatas, maka saat kita mengalami kehilangan ponsel, kunjungi situs dari aplikasi tersebut dari komputer (sebelumnya aktifkan koneksi internet),  yang link-nya ada diatas ini, setelah sampai halaman web itu maka klik tombol refresh, hal itu berguna agar kita mengetahui lokasi ponsel yang hilang.

Adapun jika ponsel yang hilang tersebut tidak ada pada tempatnya, dan juga dalam keadaan mode silent, Kamu dapat membunyikan ponsel itu dengan menggunakan fitur RING dari Android Device Manager.

Adapun apabila Kamu merasa untuk menemukan dan mengembalikan ponsel yang hilang tersebut, sedang di dalam ponsel tersebut terdapat data-data penting dan rahasia, maka Kamu dapat menghapus file atau data-data di ponsel yang hilang tersebut dari jarak jauh. 

Dengan menggunakan pilihan opsi Erase, maka Kamu dapat menghapus seluruh data tersebut dan kapanpun ponsel Kamu (yang hilang tersebut) terhubung ke internet maka dengan otomatis  hal itu dilakukan.

Semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis