Game Strategi OpenTTD: Pengusaha Transportasi

Mungkin saja Kamu pada masa kecil suka bermain-main miniatur jalan raya yang dilalui mobil, atau juga miniatur rel kereta api, untuk kemudian dijalankan kereta miniatur diatasnya. 

Nah, tentunya kalau sudah besar kan, maka kita akan malu untuk bermain seperti itu lagi, walaupun mungkin ada dari kita semua yang rindu untuk bermain permainan seperti itu...

Game Strategi OpenTTD: Pengusaha Transportasi
Game OpenTTD

Berawal cari cerita di atas, saya ingin share sebuah game yang cukup bagus, yang dibuat oleh orang kebangsaan skotlandia bernama Chris Sawyer, dibantu juga seorang lagi yang bernama Simon Foster. 

Orang tersebut membuat sebuah game dengan tampilan grafis 2 Dimensi, yaitu game Transport Tycoon, atau disebut utamanya dengan game OpenTTD, karena pembuatannya terinspirasi dari game Transport Tycoon.

Walaupun tampilan gamenya hanya 2 dimensi tetapi game tersebut sangat seru. Pada game OpenTTD ini maka kita akan berperan sebagai pengusaha untuk membangun alat-alat transportasi di kota-kota. 

Dan game OpenTTD ini secara tidak langsung akan mengajarkan para pemainnya untuk menjadi pengusaha transportasi besar yang tangguh.

Selain menjadi pengusaha Transportasi, Kamu juga akan melatih diri untuk menjadi ahli tata kota pada game OpenTTD ini. Dan misi utama dari permainan menjadi pengusaha transportasi ini adalah untuk membangun sebuah kerajaan bisnis yang besar dalam bidang transportasi.

Game OpenTTD ini akan menjadi game yang sangat seru untuk dimainkan, Lalu bagaimana dengan awal permainannya.


Awal permainan game OpenTTD
Nah ketika pertama kali memulai game menjadi pengusaha transportasi ini, maka Kamu akan diberi modal “kantong kempes”, dengan jumlah modal yang sangat minim. Dengan begitu maka pemain akan membangun “calon kerajaan” bisnisnya secara perlahan. 

Kemudian ada juga opsi untuk meminjam uang ke bank untuk mempercepat pembangunan infrastruktur.

Kamu perlu membangun strategi dalam membangun sarana dan prasarana. Adapun sarana dan prasarana transportasi yang dapat kita bangun yaitu seperti stasiun kereta api, Pangkalan truk, terminal bus, pelabuhan laut, dan bandar udara. 

Kita sebagai pemain game OpenTTD ini dapat membangun sarana-sarana tersebut di daerah kota, dan juga di daerah khusus industri.

Adapun dalam suatu jalur transportasi di kota, maka dapat dibangun untuk beberapa bentuk transportasi yang berbeda-beda, seperti contohnya barang-barang hasil produksi dari sebuah pabrik yang dapat diangkut dengan truk, kemudian dibawa ke dalam kapal kargo, dan kemudian dipindahkan kembali ke kereta api, lalu barang-barang hasil produksi pabrik tersebut akan di bawah ke tujuan akhir. 

Dan begitu seterunya, ada banyak variasi job yang dapat dilakukan.

Pada setiap stasiun, terminal, lainnya  akan mempunyai rating tersendiri, dimana tingkatan tinggi atau rendahnya taring tersebut tergantung kepada efektifitas pada perpindahan barang, atau juga penumpang dari satu stasiun atau terminal ke stasiun atau terminal lainnya.

Dan Sebuah stasiun atau terminal yang mendapatkan rating yang tinggi akan lebih banyak menarik penumpang atau perpindahan barang ke tempat tersebut. Ada banyak hal yang bisa dilakukan pada game OpenTTD ini.

Pada game OpenTTD ini, maka pemain akan sangat disibukan dengan membangun banyak sekali sarana prasarana atau fasilitas publik dalam bentuk simulasi. Pada awal permainan game openTTD ini kita akan diberi pilihan untuk membangun transportasi, maka bangunlah jalan raya. 

Setelah membangun jalan raya, maka bangun juga transportasi lainnya, karena semakin sempurna transportasi yang dimiliki. Game OpenTTD ini bersifat open source, dimana kita akan merasakan nikmatnya unutk membuat bisins transportasi dengan skenario sendiri.

Seperti misalnya Kamu bisa membuat skenario bisnis transportasi untuk jalur transportasi di kawasan Asia Tenggara. Kemudian membangun jalur transportasi disana.

Download game OpenTTD gratis 


Pemberitahuan:
File yang Kamu download berbentuk installer, sehingga untuk menginstal game OpenTTD ini di PC maka memerlukan koneksi internet.

Informasi Game
Nama: OpenTTD
Ukuran file: 7 MB
Jenis: Game Strategi
Bahasa: 40 Bahasa lebih
Lisensi: Free
Penerbit: OpenTTD Team
Web: http://www.openttd.org/en

Game OpenTTD mendukung sistem operasi:
  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8

Game OpenTTD mendukung bahasa Indonesia dan banyak bahasa lainnya:
Afrika, Arab, Belarusia, Korea, Latvia, Lithuania, Bulgaria, Catalan, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Italia, Jepang, Luxemburg, Mecedonia, Kroasia, Ceko, Belanda, Inggris (United Kingdom), Inggris (USA), Estonia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Malta, Norwegia, Swedia, Ukrania, Turki, dan banyak lainnya.

Demikian penjelasan dari game OpenTTD, semoga bermanfaat.