Tips Game PES: Supersub, Wingback & Menerima Umpan

Permainan PES atau Pro Evolution Soccer adalah permainan game sepak bola virtual.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang beberapa tips seperti teknik dribble, bertahan, melakukan serangan dan crossing, sekarang saya akan menjelaskan tentang cara memanfaatkan Wing Back, cara menerima umpan dan strategi supersub.

Langsung saja saya akan menjelaskannya di bawah ini tentang ketiga teknik diatas.

Gunakan Wing Back

Untuk membantu penyerangan sehingga kita bisa mendapatkan celah untuk menyerang ke jantung pertahanan lawan, maka dari itu sangat perlu untuk memanfaatkan pemain wing back untuk maju ke pertahanan lawan.

Pada game PES versi 2013, ada sesuatu yang berbeda, yaitu bek sayap (wing back) sangat jarang untuk membantu penyerangan, untuk itu gelandang sayap akan terpaksa untuk menggunakan skill individual untuk bisa menembus pertahanan lawan, tentunya ini agak sedikit menyulitkan.

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda bisa memanfaatkan strategi "Swap Swing" atau dengan memilih (start + X) ketika bermain, dengan begitu bek sayap akan lebih sering maju untuk membantu penyerangan.

Hal yang perlu menjadi perhatian dari bek sayap yang sering maju adalah pertahanan akan menjadi kosong, sehingga sangat berbahaya jika lawan berhasil merebut bola dan melakukan serangan balik.

Untuk itu jika Bek sayap membantu penyerangan, maka Anda harus berusaha jangan sampai bola berhasil direbut oleh lawan yang bisa dengan cepat melakukan serangan balik.

Menerima Umpan

Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang cara crossing, maka pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menerima umpan.

Setelah melakukan crossing atau umpan, Anda bisa membuat pemain untuk berlari ke depan untuk menjemput bola dan mencari ruang kosong.

Caranya adalah dengan menekan tombol (L1+X), setelah Anda mengumpan. Cara lain adalah dengan menekan tombol R3 (analog kanan), sehingga nantinya salah seorang pemain depan akan berlari untuk menjemput bola dan mencari ruang yang kosong.

Supersub

Pemain yang kehabisan staminanya, maka hal ini akan sangat mempengaruhi kualitasnya permainannya. Hal yang sangat sering terjadi seperti salah posisi dalam menerima umpan, sehingga posisinya menjadi tidak akurat, baik itu dalam operan pendek maupun umpan lambung.

Untuk mengatasi masalah ini, maka yang perlu dilakukan adalah menyimpan satu pemain yang  memiliki speed (kecepatan berlari) yang sangat tinggi, utamakan untuk pemain depan / penyerang. Kemudian masukan pemain tersebut di sekitar menit ke 70'.

Kenapa menit ke 70’? Karena pada menit-menit tersebut kondisi pemain lawan dalam keadaan yang lelah, sehingga pemain supersub tersebut akan bisa lebih mudah menyerang lini pertahanan lawan yang mulai kelelahan. Masuknya pemain supersub maka akan memberikan angin segar untuk team.

Demikian penjelasan tentang cara menerima umpan, strategi supersub dan wing back, semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis