Tips Game PES: Bertahan, Menyerang Dan Crossing

Permainan game PES (Pro Evolution Soccer) merupakan permainan game sepak bola virtual yang sudah sangat populer. Pada penjelasan yang lalu saya telah menjelaskan tentang teknik dribble pada game PES, adapun pada kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik bertahan dan crossing pada game PES.

Teknik Bertahan (game PES)

Ketika diserang musuh jangan terburu-buru untuk menggunakan teknik pressing yaitu R1 + X, demikian juga hindari terlalu mengandalkan dan terlalu cepat untuk menggunakan kombinasi tombol R2 + X dalam upaya menjaga pertahanan.

Hal pertama yang lebih baik dilakukan adalah dengan mengejar musuh dengan cara manual, yaitu melakukan sprint ke arah pemain lawan, adapun tombol yang digunakan adalah R1 + arah, tergantung dari keberadaan lawan. Arahkan pemain yang ditugaskan bertahan ke arah musuh, baru kemudian melakukan pressing.

Apabila kita terlalu awal untuk melakukan pressing, maka hal itu sangat berbahaya karena pemain lawan bisa dengan mudah mengecoh kita dengan gerakan yang tidak diduga.

Tips melakukan serangan pada game PES

Tentunya agar bisa mencetak gol dan memenangkan pertandingan, maka kita harus melakukan serangan pada lawan. Hal yang penting agar kita bisa memegang kendali permainan adalah dengan menguasai lini tengah.

Sehingga dengan menguasai lini tengah maka kesempatan untuk mendapatkan peluang mencetak gol akan semakin besar juga.

Untuk itu diperlukan sikap tenang dalam membangun serangan secara perlahan-lahan, mengalirkan bola dari belakang ke tengah , lalu ke lini depan sambil mencari peluang mencetak gol.

Apabila pertahanan lawan sangat rapat, maka jika pemain yang menguasai bola adalah pemain yang memiliki tendangan jarak jauh yang sangat bagus, maka Anda bisa mencoba melakukan tendangan jarak jauh.

Sangat tidak dianjurkan untuk sering-sering melakukan serangan sporadis atau juga all-out dengan kondisi semua pemain maju ke depan (formasi offensive), sehingga sangat rentan mendapatkan serangan balik yang sangat berbahaya. Untuk itu disarankan menggunakan formasi yang standar seperti 4-4-2 dan 4-3-3.

Selanjutnya, Jika Anda berhasil merebut bola lawan, maka bisa melakukan serangan balik (yang cepat) apabila posisi pemain musuh (termasuk bek) berada di posisi terlalu depan. Anda bisa langsung melakukan counter attack pada sayap kanan, sayap kiri, atau juga melalui tengah, tergantung keadaan.

Tips Crossing pada game PES

Pada game Pro Evolution Soccer, terutama pada versi PES 2013, akan sangat terlihat kiper lawan akan bisa dengan sangat mudah untuk menangkap bola crossing dengan lengket, sehingga akan baik jika kita juga  melakukan crossing menengah, yaitu dengan cara menekan “tombol O” sebanyak 2 kali.

Sehingga nantinya crossing tersebut akan menjadi bola liar yang cukup sulit untuk diantisipasi, minimal kita akan berpeluang besar untuk mendapatkan tendangan penjuru, karena bola dibuang oleh lawan.

Selain itu ada beberapa teknik mengumpan sederhana.
  • Tombol X untuk melakukan umpan dasar, biasanya bola datar dalam keadaan mengoper kepada pemain dekat.
  • Tombol O untuk umpan lambung.
  • Tombol O (2x) untuk umpan lambung dengan tendangan yang agak keras
  • Tombol O (3x) untuk umpan lambung dengan bola mendatar, tetapi sangat keras.
  • Tombol “Segitiga” untuk melakukan umpan terobosan.
  • Tombol “segitiga” + L1 (bersamaan) untuk umpan terobosan dengan bola lambung.

Semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Terkait:

Tips dan Tutorial

Game Android

Game iOS

Game PC Gratis